Skip to content
Penyebab biang keringat

Penyebab biang keringat

Ada beberapa langkah untuk melakukan pencegahan agar biang keringat itu tidak terjadi. seperti, menjaga tubuh agar tidak kepanasan khususnya diwaktu musim panas, serta gunakan sabun khusus yang membuat kulit jadi tidak kering dan pastikan juga sabun tersebut tidak mengandung parfum, dalam hal ini, jangan gunakan lasion atau krim yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Pastikan juga tubuh kita terhindar dari pakaian ketat yang dapat menyebabkan kulit sulit bernafas. Biang keringat adalah hal yang tidak ingin terjadi pada kita tentunya. Dan siapapun dari mereka pasti mencari cara agar bisa terbebas dari biang keringat tersebut. Karena jika dibiarkan terlalu lama pada sipenderita baik terhadap orang dewasa maupun sang anak hal ini akan menyebabkan penyakit yang parah sehingga perlu mendapatkan penanganan langsung dari sang dokter. Biang keringat itu sendiri disebabkan karena keringat yang terjebak pada kulit dan tidak bisa menguap, sehingga mengakibatkan kelenjar keringat tubuh menjadi terhambat. Hal ini, akan memiliki resiko munculnya ruam atau peradangan yang akan terjadi pada kulit Berikut beberapa faktor yang dapat menghambat kelenjar keringat sehingga menjadi penyebab biang keringat itu terjadidiantaranya :

*
  • Kepanasan

Kepanasan bisa terjadi kapan saja terhadap tubuh kita apalagi ketika kita tidur dengan memakai selimut yang berlebihan. Hal ini berpengarus sekali terhadap proses keluarnya keringat, selain itu, biang keringat juga dapat terjadi karena faktor dari pakaian yang terlalu tebal tersebut.

*
  1. Iklim tropis

Hal yang perlu kita perhatikan ternyata cuaca lingkungan adalah salah satu penyebab biang keringat itu terjadi. Maka kiranya penting jika kita memperhatikan yang satu ini sebab cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan lembap akan memiliki dampak tersebesar terhadap munculnya biang keringat tersebut.

*
  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah olahraga yang memerlukan kekuatan fisik begitu berat sehingga akan menyebabkan keluarnya keringat banyak. Hal itu tanpa kita duga ternyata mampu menyebabkan biang keringat terjadi, khususnya buat kamu yang menyukai olahraga harus mengantisipasi terjadinya biang keringat tersebut. Jangan sampai, keringat berlama-lama menempel pada kulit kita.

*
  • Tirah baring (bed rest)

Tirah baring terlalu lama ternyata dapat menyebabkan timbulnya biang keringat. Maka dari itu, jika beristirahat diranjang dalam waktu yang cukup lama sempatkanlah untuk miring beberapa saat agar biang keringat tersebut tidak terjadi dan malah semakin memperburuk keadaan pasien.[1]

            “Dilansir dari laman Hellosehat” ada beberapa penyebab munculnya biang keringat seperti miliaria alias biang keringat berlebihan, akan tetapi keringat ini terhambat untuk keluar karena kelenjar keringat yang masih tersumbat, sehingga menyebabkan iritasi pada kulit dan munculnya ruam. Gejalanya akan terjadi pada bagian tubuh yang tertutup pakaian dengan kondisi yang sangat memburuk. Jika kita mengalami penyakit ini ada beberapa resiko yang harus diterima diantaranya :

  1. Sakit dalam waktu yang cukup lama

Sakit dalam waktu yang cukup lama pastinya tidak diinginkan oleh semua orang. Apalagi, ketika harus berbaring diatas tempat tidur hal itu akan menjadi salah satu penyebab biang keringat yang terus saja meningkat.

  • Obesitas (kegemukan)

Seseorang yang mengalami obesitas atau kegemukan hal ini dapat berpengaruh terhadap timbulnya biang keringat. Karena, kondisi tersebut membuktikan untuk menghasilkan keringat yang lebih banyak. Bayi dan anak-anakpun beresiko tinggi jika terkena penyakit ini, karena faktor dari kelenjar keringat pada usia tersebut belum berkembang secara sempurna.


[1] Sumber referensi Alodokter.com

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SidebarComments (0)